SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
SILIWANGI GARUT
Nama Mahasiswa :
Ali Imron Abdul Jabar
Mata Kuliah : Dasar –Dasar Komputer dan
Internet
Kode Soal : DK-A233
Semester : 1 B
SOAL UTS
1.
Jelaskan Pengertian Komputer dan Multi Media !
2.
Uraikan tentang Perangkat Komputer !
3.
Jelaskan Pengertian tentang Tekhnologi Informasi !
4.
Uraikan sejarah Tekhnologi Informasi dari jaman kuno sampai jaman modern
!
5.
Apa yang dimaksud dengan Hardware dan sebutkan jenis-jenisnya !
6.
Apa yang dimaksud dengan Software dan sebutkan macam-macamnya!
JAWABAN
11. A. Pengertian komputer
Komputer adalah alat yang dipakai
untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Komputer berasal
dari kata computere artinya menghitung aritmatika. Komputer secara umu
digunakan untuk proses perhitungan artimatika, tanpa mesin pembantu. Menurut
Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa
Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung"
kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis".
Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita
Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang
dengan mesin hitung
Adapun istilah komputer menurut beberapa ahli.
a.
Komputer
berasal dari bahasa latin yaitu 'computare' yang berarti arti menghitung.
Karena luasnya bidang tentang ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit
saling berbeda dalam mendefinisikan apa itu komputer.
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat
dan dapat menerima informasi input secara digital, lalu memprosesnya sesuai
dengan program yang tersimpan didalam memorinya, dan kemudian menghasilkan
output atau keluaran berupa informasi (McGraw-Hill, 2001).
b.
Beberapa definisi komputer menurut beberapa
buku komputer adalah sebagai berikut :
1.
Komputer
Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer) : Komputer adalah suatu alat
elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
a.
Menerima
input atau masukan Memproses input tersebut sesuai dengan programnya Menyimpan
perintah-perintah dan hasil dari pengolahan.
b.
Menyediakan
output atau keluaran dalam bentuk informasi
2.
Komputer
Menurut buku Computer Today (Donlad H. Sanders) :
Komputer adalah sistem elektronik
untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta akuran yang telah
dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan
data input atau masukan, kemudian memprosesnya dan menghasilkan output dibawah
pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi-instruksi program yang tersimpan di
memori (stored program). Dari berbagai banyak pendapat di atas, maka dapat
disimpulkan secara umum bahwa komputer merupakan suatu peralatan elektronik
yang dapat menerima input, mengolah input dengan menggunakan suatu program yang
tersimpan didalam memori komputer, memberikan output yang berupa informasi dan
dapat menyimpan program serta hasil pengolahan dalam suatu media penyimpanan
seperti hardisk, flashdisk atau penyimpanan lainnya.
B. Pengertian Multi Media
'Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan
menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool)
dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi,
berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan.
Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam
dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai
media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia
bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk,
bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
1. 2. Perangkat computer
1.
Perangkat
Keras (Hardware)
Pengertian
dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama
“perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat
alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata,
yang berfungsi untuk mendukung proses computer.
2.
Perangkat Lunak
(software)
Perangkat lunak atau yang lebih dikenal software adalah suatu perangkat system berbentuk digital yang secara fisik tidak berwujud sentuh, hanya bisa dilihat dalam bentuk tampilan screen dan dirasakan manfaatnya. Bentuknya sendiri meliputi program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.
Perangkat lunak atau yang lebih dikenal software adalah suatu perangkat system berbentuk digital yang secara fisik tidak berwujud sentuh, hanya bisa dilihat dalam bentuk tampilan screen dan dirasakan manfaatnya. Bentuknya sendiri meliputi program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.
3.
Perangkat
pengguna (brainware)
Adalah orang
yang menggunakan atau menjalankan sebuah program computer (programmer)
23. Pengertian Teknologi
Informasi
Untuk mengetahui pengertian teknologi informasi
terlebih dahulu kita harus mengerti pengertian dari teknologi dan informasi itu
sendiri. Berikut ini pengertian teknologi dan informasi :
Teknologi adalah
pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong
manusia menyelesaikan masalahnya
Informasi adalah
hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data
yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya
menurut
beberapa ahli teknologi informasi :
1.
Teknologi
Informasi adalah studi
atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa,
dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan
gambar (kamus Oxford, 1995)
2.
Teknologi Informasi adalah
seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan
tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag & Keen,
1996)
3.
Teknologi Informasi tidak hanya
terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk
memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi
komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)
4.
Teknologi Informasi adalah segala
bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi
dalam bentuk elektronis (Lucas, 2000)
5.
Teknologi Informasi adalah
teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi
berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (William &
Sawyer, 2003). Secara implisit dan eksplisit IT tidak sekedar berupa
teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi.Dengan kata lain,
yang disebut Teknologi Informasi adalah gabungan antara Teknologi Komputer dan
Teknologi Telekomunikasi
6.
Teknologi
Informasi adalah suatu teknologi yang
digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun,
menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi
yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu,
yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan
informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi yang
memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang
bermanfaat.
14. Sejarah Tekhnik Informasi
a. Masa
Pra-Sejarah (…s/d 3000 SM)
Pada masa
pra-sejarah teknologi informasi digunakan sebagai sistem untuk pengenalan
bentuk-bentuk yang ingin dikenali. Informasi yang didapatkan kemudian
digambarkannya pada dinding-dinding gua atau tebing-tebing bebatuan. Pada masa
pra-sejarah sudah dimiliki kemampuan mengidentifikasi benda-benda yang
ada disekitar lingkungan dan mepresentasikannya dalam berbagai bentuk yang
kemudian dilukis pada dinding gua tempat tinggal mereka.
Mengkomunikasikan
informasi dengan gambar/lukisan menjadi pilihan yang baik karena
kemampuan berbahasa pada waktu itu hanya berkisar pada suara dengusan dan
isyarat tangan. Perkembangan selanjutnya mereka mulai menggunakan alat-alat
yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat
dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap
keadaan tertentu seperti keadaan bahaya.
a.
Masa Sejarah
(3000 SM s/d 1400-an M)
Pada masa
sejarah, teknologi informasi berkembang pada masayarakat kalangan atas seperti
para kepala suku atau kelompok, digunakan pada kegiatan tertentu seperti
upacara, dan ritual. Teknologi informasi belum digunakan secara masal seperti
yang kita kenal sekarang ini.
1)
Masa Tahun
3000SM
Pada masa ini
orang mulai mengenal simbol atau tulisan dan ditemukan pertama kali simbol
untuk informasi, digunakan oleh Bangsa Sumeria. Tulisan yang digunakan waktu
itu berupa simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol
atau huruf-huruf yang digunakan sudah mempunyai bunyi yang berbeda dalam
penyebutannya untuk setiap bentuk, sehingga sudah mampu membentuk kata, kalimat
dan bahasa.
2)
Masa Tahun2900
SM
Pada masa ini
ditemukan bahwa Bangsa Mesir Kuno sudah mengenal dan menggunakan huruf yang
disebut Hierogliph. Huruf hierogliph sudah merupakan bahasa simbol untuk sebuah
ungkapan. Untuk setiap ungkapan dinyatakan dengan simbol yang berbeda, dan
apabila digabungkan menjadi satu maka akan mempunyai cara pengucapan dan arti
tersendiri. Bentuk tulisan dan bahasa hierogliphini lebih maju dan lengkap
dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria
3)
Masa Tahun 500
SM
Masa ini
ditandai dengan pengenalan pada media informasi yang sebelumnya menggunakan
lempengan tanah liat. Pada masa ini manusia sudah mengenal media untuk
menyimpan informasi yang lebih baik dengan serat pohon. Serat papyrus
yang berasal dari pohon Papyrus yang tumbuh disekitar
sungai nil ini dijadikan media menulis/media informasi pada masa itu.
Serat papyrus
lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah sebagai media
informasi. Selanjutnya serat papyrus merupakan cikal bakal media yang kita kenal
sekarang ini yaitu media kertas.
4)
Masa Tahun
1455
Masa ini
ditandai dengan upaya menciptakan mesin cetak. Pasa masa ini manusia sudah
menggunakan mesin cetak yang berupa plat huruf yang tebuat dari besi. Kemudian
plat tersebut diganti dengan bingkai yang tebuat dari kayu yang dikembangkan
dikembangkan untuk pertama kali oleh Johann Gutenberg.
5)
Masa Tahun
1800-an
Pada tahun
1830 orang sudah mengenal program komputer. Augusta Lady Byronpertama menulis
program komputer yang berkerjasama dengan Charles Babbage. Mereka menggunakan mesin analytical. Mesin analytical dengan
programnya didesain untuk mampu menerima data, mengolah data dan menghasilkan
bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Selanjutnya, mesin ini dikenal sebagai
bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat
mekanis dari yang bersifat digital. Mesin ini merupakan cikal bakal komputer
digital pertama ENIAC I pada 94 tahun kemudian.
6)
Pada tahun
1837 ditandai dengan teknologi pengiriman informasi. Samuel
Morse mengembangkan telegraph dan bahasa kode
morse bersama Sir William Cook dan Sir
Charles Wheatstone. Mereka mengirim informasi secara
elektronik antara 2 (dua) tempat yang berjauhan melalui kabel yang
menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan penerimaan informasi ini
mampu mencapai selisih waktu yang baik dan hampir terjadi pada waktu yang
bersamaan. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan dipergunakan
secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi atau dibatasi oleh jarak dan
waktu.
7)
Pada tahun
1861 orang sudah memikirkan bagaimana menampilkan informasi dalam bentuk gambar
bergerak dalam media layar. Masa itu pula gambar bergerak yang peroyeksikan ke
dalam sebuah layar untuk yang pertama kali di gunakan. Penemuan ini merupakan
cikal bakal teknologi film sekarang.
8)
Pada tahun
1876 Melvyl
Dewey mengembangkan sitem penulisan Desimal. Pada tahun
1877 Alexander Graham Bell
mengembangkan telepon yang dipergunakan secara umum. Pada tahun itu juga fotografi
dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edweard Maybridge. Pada tahun
1899 telah dipergunakan sistem penyimpanan dalam tape (pita) magnetis untuk yang
pertama.
c. Masa Tahun 1900-an
1.
Tahun 1923 Zvorkyn
menciptakan tabung TV (Televisi) yang pertama. Tahun 1940 dimulainya
pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa perang dunia II
yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen
militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape. Tahun 1945 Vannevar
Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext.
Tahun 1946 komputer digital pertama didunia yaitu ENIAC I
dikembangkan. Tahun 1948 para peneliti di Bell Telephone mengembangkan
Transistor. Tahun 1957 Jean Hoerni mengembangkan
transistor planar.
Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor
dimasukan ke dalam sebuah keping kecil kristal silikon.
2.
USSR (Rusia
pada saat itu) meluncurkan sputnik sebagai satelit bumi buatan yang pertama
yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk
ARPA (Advance Research Projects Agency)
di bawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan
ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang militer. Tahun 1962
Rand
Paul Barand, dari perusahaan RAND, ditugaskan untuk
mengembangkan suatu sistem jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan
sistem pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang nuklir.
3.
Tahun
1969 sistem jaringan yang pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 nodes
(titik), antara University of California, SRI
(Stanford), University California of Santa Barbara,
dan University
of Utah dengan kekuatan 50Kbps. Tahun 1972 Ray
Tomlinson menciptakan program e-mail yang pertama. Tahun
1973 – 1990 istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP
(Transmission Control Protocol) kemudian dilakukan
pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP
yang dikembangkan oleh grup dari DARPA.
4.
Tahun 1981,
National Science Foundation mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan
kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. kemudian pada
tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat
koordinasi diantara; DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway. Tahun 1991
5.
sistem bisnis
dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya
operasionalnya dan memungut bayaran dari para anggotanya.
6.
Tahun 1992
pembentukan komunitas Internet, dan diperkenalkannya istilah WWW (World
Wide Web) oleh CERN. Tahun
7.
1993 NSF
membentuk InterNIC
untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan
data serta database (AT&T), jasa registrasi (Network Solution Inc,), dan
jasa nformasi (General Atomics/CERFnet). Tahun 1994 pertumbuhan internet
melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam segala segi
kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari
manusia. Tahun 1995, Perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider
dengan membeli jaringan di backbone, langkah ini memulai
pengembangan teknologi informasi khususnya internet dan penelitian-penelitian
untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.
15.
Hadware
Hadware
(perangkat keras) adalah salah satu perangkat computer yang bersifat fisik,
berwujud dan dapat terlihat juga dapat diraba.
Berikut adalah
beberapa contoh perangkat keras komputer dan kegunaanya:
a. Mainboard atau Motherboard
Motherboard merupakan komponen hardware yang paling utama dalam rankaian komputer, karena Matherboard merupakan induk dimana semua perangkat keras komputer terhubung. Dalam motherboard sendiri terdiri dari sistem BIOS (Basic input output system) yang merupakan energi dasar dalam komputer, pengatur koneksi input-output (chipset), soket prosessor, soket memory (RAM), soket kartu grafis (VGA card) dan soket kartu tambahan (additional cards seperti PCI, ISA).
Ada beberapa
hal yang harus anda perhatikan ketika anda akan membeli motherboard, yaitu
jenis soket prosessor, Frekuensi BUS, Jumlah soket SATA dan PCI, Jumlah soket
RAM dan yang paling penting adalah reputasi dan kehandalan dari sebuah merk.
b. Processor
(CPU)
Contoh sebuah
prosessor intel pentium 4 dengan frekuensi clock 2 Ghz mampu mengerjakan 2
milyar perintah dalam satu detik. Dalam menyebut sebuah prosessor biasanya
sudah termasuk frekuensi clocknya, contoh : intel pentium4 2.0 GHz.
Merk prosessor
yang terkenal adalah INTEL dan AMD. INTEL adalah pabrik prosessor besar yang
berasal dari California USA. INTEL semakin populer setelah memproduksi
prosessor INTEL PENTIUM. Selain INTEL kini ada AMD yang konon lebih bagus dalam
mode grafis jadi cocok untuk para Gamer & Designer.
c. Harddisk
(HDD)
Sekarang
dikenal dua macam harddisk yaitu ATA dan SATA (Serial ATA). Harddisk ATA
mempunyai koneksi 40 pin dan Harddisk SATA hanya mempunyai koneksi 6 pin.
Harddisk SATA lebih cepat dari Harddisk ATA, namun jika motherboardnya tidak
mendukung koneksi SATA maka kita tidak bisa menggunakan harddisk SATA. Sekarang
ukuran Harddisk sudah sangat besar, seperti 500GB, 750GB, dan 1000GB (1 TB –
Terra Byte).
Merk Harddisk
yang terkenal adalah Seagate, West Digital, Maxtor, Samsung, dll. Harga hardisk
tergantung dari kapasitas penyimpanan data sebuah harddisk, makin besar semakin
mahal.
d. RAM (Random
Access Memory)
RAM adalah unit penyimpan data tidak permanen artinya data dalam RAM akan hilang jika listrik mati. Ukuran data RAM dinyatakan dengan Byte (B) dan kecepatan akses RAM dinyatakan dengan Hertz (Hz). Jadi dalam RAM tidak cuma data saja, namun ada parameter lain yaitu kecepatan RAM. Kecepatan RAM harus sesuai dengan spesifikasi soket RAM pada motherboard. Contoh: RAM 512MB PC667 mempunyai ukuran data 512MB dengan kecepatan akses 667 MHz.
Keberadaan RAM
dapat diibaratkan dengan meja kerja dan Harddisk diibaratkan dengan lemari
arsip. Jika kita akan bekerja, pada awalnya kita ambil berkas dari lemari arsip
lalu dipindah ke meja kerja supaya memudahkan dan mempercepat proses
pengerjaan. Setelah selesai maka berkas tersebut kita simpan kembali di lemari
arsip.
Perkembangan
ram di gambarkan dalam jenis ram itu sendiri. Jenis-jenir ram adalah:
·
Static RAM
(SRAM)
·
Non Nolatile
RAM (NV-RAM)
·
Dynamic RAM
(DRAM)
·
Syncronous
DRAM (SDRAM)
·
DDR RAM (Dual
data rate RAM)
·
DDR II RAM
(DDR generasi kedua)
·
DDR III RAM
(DDR generasi ketiga)
e.
Optical drive (CD / DVD)
DVD atau CD
ROM (Read Only Memory) yaitu hanya bisa membaca isi dari disk DVD / CD.
Sedangkan DVD atau CD RAM (Random Access Memory) yaitu bisa membaca dan
menulis atau lebih umum bisa memcopy (backup). DVD atau CD RAM lebih
dikenal dengan istilah DVD-RW atau CD-RW (Read Write)
f. Floppy Disk
Drive
Komponen
disket adalah sebuah cakram dari plastik magnetik yang akan merekam data ke
dalam pita tersebut. Ukuran kapasitas disket sudah distandarkan yaitu.
Untuk membaca
isi disket maka diperlukan Flopy Disk Drive sebagai mediatornya. Dalam struktur
drive pada microsoft windows, disket selalu menempati drive terhormat yaitu
drive A.
g. VGA Card
(Kartu Grafis)
VGA adalah
singkatan dari Video Graphics Array. VGA Card berfungsi mengeluarkan output
grafis (gambar) untuk ditampilkan pada monitor. Ukuran VGA Card ditentukan dari
ukuran RAM nya, semakin besar RAM sebuah VGA Card maka semakin halus gambar
yang dihasilkan.
Perkembangan
VGA Card dari waktu ke waktu :
- VGA Card PCI
(Peripheral Component Interconect)
- VGA Card AGP
(Accelerator Graphics Processor)
- VGA Card
PCI-E (PCI Express)
h. Sound Card
Sound Card adalah bagian
yang mendekode data data digital menjadi sinyal suara. Dengan penemuan
soundcard maka perkembangan dunia multimedia pada komputer menjadi makin
meluas.
Sound Card
yang baik mampu menghasilkan suara dengan sampling yang rapat dan halus
sehingga suara yang dihasilkan mendekati suara asli / Hi Fi (High Fidelity)
i. Keyboard
Tombol tombol
pada keyboard mengikuti model tombol pada mesin ketik manual. Tombol keyboard
yang paling terkenal adalah tombol ENTER, tombol ini adalah tombol untuk
memasukkan data setelah diketik.
j. Mouse
(Pointing Device)
Dengan mouse
maka penggunaan komputer menjadi lebih interaktif dan Menggambar melalui komputer
menjadi semakin mudah.
k. Monitor
l. Printer
Dahulu printer
hanya bisa digunakan untuk mencetak dokumen teks dan hanya bisa 1 warna
(monocrhrom), tapi kini printer sudah bisa untuk mencetak foto/gambar full
color.
1. Perangkat Lunak (software)
Perangkat
lunak atau yang lebih dikenal software adalah suatu perangkat system berbentuk
digital yang secara fisik tidak berwujud sentuh, hanya bisa dilihat dalam
bentuk tampilan screen dan dirasakan manfaatnya. Bentuknya sendiri meliputi
program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan
ditulis oleh komputer. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu
komputer dapat menjalankan suatu perintah. Ada beberapa system operasi
software, antara lain sebagai berikut:
1. Sistem operasi (Operating System / OS)
1. Sistem operasi (Operating System / OS)
Sistem Operasi merupakan program dasar pada sebuah komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sedangkan menurut American National Standart Institute (ANSI) Operating Sistem adalah: Software yang mengontrol pelaksanaan program-program komputer, yaitu dengan mengatur waktu proses, pengecekan kesalahan, mengontrol input dan output, melakukan perhitungan, kompilasi, penyimpanan, pengolahan data serta pelbagai bentuk layanan yang terkait.
Adapun jenis
Sistem operasi yang dipakai dalam komputer adalah :
a. Sistem
Operasi Berbasis Unix
Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang
diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service)
pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T,
General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya
dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research
Project, DARPA atau ARPA), UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portable, multi-tasking
dan multi-user.
Unix merupakan
sistem operasi tertua di dunia. Sistem operasi ini bahkan telah menjadi dasar
pengembangan sistem operasi lain, misalnya System V, BSD, Mac OS, dan Linux.
b. Sistem
Operasi Berbasis Windows
QDOS (Quick
and Dirty Operating Sistem) merupakan asal usul dari windows. QDOS ditulis
oleh Tim Paterson dari Seattle Computer pada tahun 1980. QDOS dibuat dari OS
terkenal pada masa itu, CP/M . QDOS dirancang untuk prosesor intel 8086,
Sehingga saat dipasarkan oleh Seatle komputer diberinama 86-DOS. Kemudian Bill
Gates dari Microsoft membeli lisensi. QDOS untuk dikembangkan dan menjualnya
lagi ke berbagai perusahaan komputer. Pada tahun 1981 microsoft memberi nama
MS-DOS, sedangkan yang jual ke perusahaan komputer IBM diberinama PC-DOS oleh
IBM. MS DOS inilah yang terus berkembang hingga menjadi Windows Vista.
c. Sistem
Operasi Berbasis Linux
Linux adalah nama yang diberikan sistem komputer bertipe
unix Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas
terbuka dan sumber utama terbuka. Istilah Linux atau GNU/Linux (GNU) juga
digunakan sebagai rujukan kepada keseluruhan distro Linux (Linux distribution),
yang di dalamnya disertakan program-program lain pendukung sistem operasi.
Contoh program tersebut adalah server web, bahasa pemrograman, basisdata,
tampilan desktop (Desktop Environment) (seperti GNOME dan KDE), dan aplikasi
perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric.
d.Sistem Operasi Berbasis Macintosh
Macintosh Operating Sistem (MAC OS) merupakan sistem
operasi komputer yang dibuat oleh Apple . Apple yang sebelumnya bernama Apple
Computer, Inc.) adalah sebuah perusahaan SiliconValley berbasis di Cupertino,
California, yang bergerak dalam bidang teknologi komputer. Apple membantu
bermulanya revolusi komputer pribadi pada tahun 1970-an dengan produknya Apple
II dan memajukannya sejak tahun 1980-an hingga sekarang dengan Macintosh.
Macintosh Operating Sistem merupakan OS yang pertama mengunakan sistem GUI (Graphical
User Interface). Para pemakai komputer begitu takjub melihat Macintosh yang
sangat ramah dalam melayani pemakai komputer. Pemakai tidak perlu banyak
menulis perintah, cukup menunjuk gambar- gambar yang ada, maka dengan cepat
Macintosh akan mengerjakan tugas sesuai gambar yang ditunjuk.
2. Sistem
Aplikasi
Software jenis
Sistem aplikasi ini berbeda dengan sistem operating, kalo operating sistem
adalah penjembatan antara user (pengguna) dengan perangkat keras komputer
(hardware). Sedangkan sistem aplikasi ini lebih pada sarana untuk melakukan
suatu tugas yang diinginkan pengguna yang mengintegrasikan berbagai kemampuan
komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk
mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh perangkat lunak
aplikasi adalah Program pengolah kata dan lembar kerja, pengolahan data,
pembuatan grafik, pemutar multimedia & game, dan programmer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar